11+ Karakter Guru yang Disukai Muridnya

Karakter guru – Untuk menjadi seorang pengajar yang baik, tidaklah semudah mebalikkkan telapak tangan. Guru diperlukan keikhlasan dan ketulusan dalam proses pembelajaran kepada peserta didiknya, para guru juga harus membuat SILABUS dalam pembelajaran supaya dapat menciptakan suasana yang menyenangkan.

Proses ini akan membuat anak menjadi lebih teladan kepada gurunya, terkadang guru juga sering lupa bahwa semua siswa pasti memiliki kemampuan yang berbeda-beda satu sama yang lain. Sehingga karater seorang ibu harus lebih perharian dengan anak-anak yang belum bisa seperti teman yang lainnya.

Seorang guru yang baik hendaklah dapat membuat murid menjadi nyaman agar materi pelajaran dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan. Menurut para ahli pendidikan atau motivator supaya disukai anak usia dini, harus memiliki karakter-karakter ini sebagai berikut.

Karakter Guru 

https://maryammuraith.com/wp-content/uploads/2019/09/presentation-4158205_1920.png

pihttps://pixabay.com

Pasti seorang guru memiliki karaker yang berbeda beda dengan guru yang lainnya, ada pun macam-macam karakter seorang guru dapat diuraikan dibawah ini;

1. Baik Hati

Rendah hati adalah sikap yang harus dimiliki seseorang terutama seorang guru atau kepribadian seseorang tidak sombong ataupun tinggi hati. Meskipun anak-anak murid kita memiliki lebihan, keunggulan, dan prestasi yang dibandingkan dengan anak yang lain, seorang gurulah yang membimbing supaya anak tidak sombong atau tinggi hati kepada teman-teman yang lainya.

2. Jujur

Sifat jujur adalah salah satu sifat yang dimiliki seseorang dan sifat jujur ini juga harus dilakukan dengan kebiasaan yang baik dari sejak kecil. Oleh karena itu tanggung jawab seorang guru untuk membimbing anak-anak supaya berkata yang jujur dan baik. Dari berbagai macam karakter anak yang berbeda guru yang disekolah tidak bosan-bosanya untuk mengajarkan murid di sekolah dengan memberikan pelajaran agar dapat menjadi anak yang sholeh dan baik.

3. Pemalu

Sifat pemalu adalah sikap bawaan atau karakter yang sudah ada pada lahir namun sidat malu juga ada batasnya yaitu malu ketika mendapat nilai yang tidak memuasklan atau malu karena belum bisa membaca dan yang lainnya.

4. Lemah Lembut

https://maryammuraith.com/wp-content/uploads/2019/09/40eeab1e55e81c091578388ee11fc935.jpg

maryammuraith.com

Lemah lembut yaitu suatu sikap untuk seorang guru agar bersikap lemah lembut dengan murid supaya siswa tidak melawan dengan pembimbingnya. Banyak seorang guru yang belum bisa berlemah lembut dengan siswanya.
Karena itulah sifat lemah lembut ini penting untuk pembimbing di sekolah supaya siswa dapat selalu bersifat baik dengan guru maupun bagi orang lain.

5. Rendah Hati

Hendaknya guru memberikan perilaku yang menyenangklan untuk semua orang. Atau ketika didalam lingkungan sekolah, berikan senyuman yang terbaik kepada semua siswa, jangan berikan muka yang masam, dan jangan cemberut. Sapalah anak didik kita dengan rendah hati dan ketika bertemu ucapkanlah salam kepada mereka dan buatlah anak supaya merasakan kenyamanan dengan kehadiran seorang guru yang dekat dengan mereka.

6. Penuh Kasih Sayang

Ketika kita berada di dalam sebuah lingkungan sekolah, seorang guru adalah sebagai wali mereka untuk menggantikan orang tua dirumah. Anak yang masih usia dini, relatif masih sangat muda yang masih membutuhkan kasih sayang penuh dari orang tuanya. Oleh sebab itu, peran guru sebagai orang tua di sekolah harus mampu memberikan yang terbaik untuk anak disekoah.

7. Selalu Tersenyum

Tersenyum itu indah karena muka yang sering tersenyum mencerminkan bahwa perasaanya selalu tenang. Senyum itu harus ada dalam akhlaq seorang guru supaya murid selalu tenang dari jiwa, anugrah yang bisa menengkan perasaan, dan bisa menentramkan jiwa yang gelisah.

Sering senyum juga mencerminkan bahwa dapat merubah penderitaan menjadi kegembiran, meciptakan suasana yang nyaman bagi diri sendiri maupun untuk orang lain.
Seorang guru harus mempu untuk mencerminkan dirinya dengan senyuman yang tulus dan jujur, kebanyakan orang yang sering senyum ditandai dengan wajah yang berseri-seri dan memiliki rasa bahagia sepanjang hari.

8. Penyabar

Kesabaran merupakan kunci yang utama bagi seorang guru agar murid dapat menjadikan anak yang baik dan bisa diatur, ada berbagai jenis karakter anak ada yang bandel dan ada yang diam, semua menjadi satu dan seorang guru wajib menerima tersebut oleh setiap guru.

9. Penuh Perhatian

Penuh perhatian berarti mengambil waktu untuk berfikir bagaimana perasaan untuk anak. Untuk menjadi penuh perhatian, anda wajib tahu bagaimana cara untuk merasakan apa yang di rasakan murid, memiliki kebijaksanaan supaya menjadi baik dan ramah.
Catatan untuk guru adalah bahwa guru tidak boleh menyamakan anak dan memperlakukan sama semua karena sifat anak berbeda dalam lingkungan sekolah.

10. Toleransi Kepada Anak

Sudah sewajarnya seorang guru untuk mengajarkan kualitas-kualitas karakter guru kepada anak, salah satunya ditara yang diatas yaitu toleransi. Setiap anak bisa diajarkan tentang sikap toleransi mulai dari sekarang.
Namun bagaimana cara seorang guru toleransi kepada anak-anak? Caranya adalah dengan cara menjadi teladan bagi anak dan memberikan contoh bagi anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. Pada usia yang relatif muda perlu menggembangkan nilai-nilai kehidupan dasar sebagai cerminan sikap toleransi dan dan nilai-nilai yang dilakukan untuk masyarakat.

11. Adil

Sikaf adil meruapakan salah satu sifat yang perlu dimiliki seorang guru sebagai guru pembimbing. Guru yang adil adalah guru yang tidak membeda-bedakkan anak, semua anak diperlakukan hal yang sama terutama dalam hal kasih sayang dan perhatian.

12. Menghargai

Menghargai anak merupakan salah satu aspek yang dibutuhkan oleh setiap individu yang perlu dipenuhi terutama untuk anak-anak. Seberapapun kemampuan yang di berikan anak, guru harus mampu menghargainya.
Ucapkan terima kasih atas perilaku atau jasa yang sudah dilakukan anak merupakan salah satu penghargaan guru kepada anak.

13. Memberikan Hubungan Baik Dengan Anak

Memberikan hubungan baik kepada anak adalah merupakan salah satu bentuk tugas yang harus dilakukan seorang guru. Karena anak memiliki potensi yang berkembang baik potensi intelektual, fisik, sosial, emosi, maupun agama.
Pengembangan berbagai aspek ini yang tidak lepas dari pengaruh lingkungan yang berada di sekitar anak-anak terutama pola interaksi yang menjadikan antara anak dan guru.
Tugas guru yang lain juga adalah bagaimana menciptakan hubungan yang baik dengan anak? jawabannya yaitu agar dapat mendorong anak mencapai perkembangan seperti yang di harapkan sekolah tersebut.