√ Pengertian Guru : Definisi, Tujuan, dan Tugas Guru Dalam Mendidik

Pengertian Guru – Guru adalah Seorang tenaga pendidik yang profesional untuk mendidik, mengajarkan ilmu, melatih anak, membimbing, serta memerikan penilaian.

Tetapi kalau secara umumnya, tugas guru adalah untuk mendidik siswa dan siswi agar memiliki akhlaq, pengetauan dan keterampilan dalam bidang pengajaran.

Selain itu guru juga memiliki tanggung jawab dalam mendidik siswa supaaya mempunyai prilaku dan sikap yang baik, baik itu ketika di lingkungan sekolah atau di luar lingkungan sekolah.

Pengertian Guru Menurut Para Pendidikan

 

https://maryammuraith.com/wp-content/uploads/2019/09/guru-651318_640.png

pixabay.com

Supaya lebih memahami lebih dalam tentang pengertian guru, dapat merujuk pada pendapat menurut para pakar pendidikan.

A. Husnul Chotimah (2008) yang berpengertian sangat sederhana yaitu orang yang memfasilitasi proses peralihan ilmu pengetahuan dari sumber belajar untuk peserta didik.

B. Dri Atmaka (2004) pendidikan adalah orang yang sudah dewasa untuk bertanggung jawab memberikan bantuan kepada anak didik dalam perkembangan bait itu jasmani maupun rohani. Supaya tercapai tingkat kedewasaan agar mampu berdiri sendiri untuk memenuhi tugasnya sebagai mahluk ciptaan tuhan, mahluk sosial yang mandiri.

C. E. Mulyasa (2003) pendidikan harus memiliki kualifikasi akademik dana kompetensi sebagai bahan pembelajaran, sehar jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional.

Tujuan dan Tanggung Jawab Seorang Guru

Melanjutkan pengerian guru yang di atas, seorang guru atau pendidik memiliki tugas serta tanggung jawab untuk mengajar, membimbing, mendidik, melatih para siswa-siswi agar menjadikan individu yang berkualitas, baik dari sisi pemahaman maupun akhlaknya.

Adapun beberapa tugas utama seorang guru adalah sebagai berikut;

1. Mendidik siswa

Mendidik siswa merupakan hal yang berbeda dengan memberikan suatu ilmu pengetahuan. Akan tetapi mendidik itu, dengan memberikan tugas-tugas yang lebih keras untuk bersikap disiplin.
Dalam proses memdidik anak itu adalah hal yang lebih sulit untuk dilakukan daripada mengajarkan suatu ilmu. Selain itu juga, seorang guru harus menjadi teladan yang baik bagi murid-muridnya sehingga para murid dapat memiliki karakter yang baik karena norma dan nila yang berlaku untuk masyarakat.

2. Mengajarkan peserta didik

Tugas utama seorang guru adalah memahamkan seluruh peserta didik dengan dibekali ilmu akhlak dan ilmu pengtahuan yang secara mendalam.

Berkaitan dengan tugas seorang pengajar, guru diharapkan agar dapat memberikan metode pembelajaran dengan bai dengan peserta didik, supaya dikemudian hari peserta didik yang bersangkutan dapat menerapkan ilmu yang didapatkannya dalam kesehari-harian.

3. Mengarahkan dan membimbing

Seharusnya Para guru bisa mengarahkan dan membimbing anak untuk memberikan yang terbaik untuk murid. Supaya  mengarahkan dan membimbing dalam kemampuan motorik maupun kemampuan lain yang harus dimiliki seorang murid.

Para guru bisa mengarahkan atau membimbing ini bisa dilakukan dalam berbagai aspek, diantaranya memberikan tugas kepada anak didik supaya lebih menekankan lagi apa yang harus dikerjakan oleh seorang murid.

4. Melatih para murid

Sebaiknya seorang guru memberikan pelatihan kepada peserta didik, sama seperti fungsi orang tua di rumah yaitu memberikan bimbingan yang baik.

Atau memberikan pelatihan dalam hal pendidikan yang dapat dilakukakan adalah memberikan pekerjaan ruamh yang membantu meningkatkan kreatifitas anak, sama seperti membuat prakarya seni gambar atau seperti seni rupa. Dan memeberikan pelatihan kewirausaha atau pelatihan dasar seperti bakat anak didik, dapat menjahit, belajar bahasa, pelatihan mekanik, pelatihan olahraga dan yang lainya.

5. Memberikan semangat pada murid

Seorang guru yang ingin memiliki cita-cita anak agar menjadi sukses yaitu dengan memberikan semangat atau dorongan moral maupun mental kepada anaknya. Supaya anak didik dapat menghadapi segala jenis permasalahan yang terjadi dalam kehidupan selama dalam mendidik anak.

Contohnya ketika seorang anak didik mendapat nilai yang paling rendah diantara teman-temannya, nah disinilah seorang guru yang baik anak memberikan dorongan atau semangat kepada anak yang mendapat nilai yang paling rendah agar belajar yang lebih bersungguh-sungguh lagi kedepanya dengan memberikan hadiah sebagai penghargaan.

Tugas guru dalam mendidik

Tugas seorang guru adalah pengganti sebagai orang tua dirumah untuk mengajarkan suatu ilmu pengetahuan supaya sanggup dalam mengerjakan pelajaran tersebut untuk melatih siswa berfikir yang baik.

Untuk mendidik anak, ini sudah menjadi kewajiban setiap guru untuk mengarahkan dan membimbing supaya anak dapat berubah akhlaknya maupun aturan yang berlaku.

Peran Guru Dalam Mengajar

Peran guru ini sangat penting supaya menjadikan anak yang diinginkan dari orang tuanya.

1. Sebagai Motivator

Seorang guru diharapkan supaya mampu memberikan dorongan mental dan moral kepada anak agar masa depan mereka memiliki semangat untuk menambah ilmu.

2. Sebagai Administrator

Seorang guru juga ikut berperan sebagai administrator, yang dimana bersangkutan dengan tentang perkembangan seorang anak untuk menyampaikan kepada orang tuanya.

3. Sebagai Evaluator

Yaitu sebagai evaluasi guru untuk memberika penilaian dan masukan-masukan supaya peserta didik lebih maju lagi.

Kami menyarankan untuk sekolah di Sekolah Islam Maryam Muraith di Sumatera Selatan, Oku Timur, Martapura.