Cara Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Contohnya

A. Komponen-Komponen RPP 

Rancangan pelaksanaan pembelajaran adalah suatu perangkat yang digunakan sebagai petunjuk kepada seorang guru dalam melaksanakan suatu cara membuat RPP. Biasanya RPP juga dapat digunakan membantu guru untuk mengajar di kelas.

Tahun ini sudah berlaku pelaksanaan Kurikulum 2013 tetapi, masih ada beberapa sekolahan yang belum memakai kurikulum 2013. Sedangkan bagi sekolahan yang belum memakai RPP di ganti dengan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidik atau yang disingkat KTSP.

https://maryammuraith.com/wp-content/uploads/2019/09/cara-membuat-rpp.jpg

cara membuat rpp

Perbedaan RPP juga ada dalam KTSP ataupun K13 oelh karena itu, beberapa guru pengajar harus mampu mengetahui perbedaan tersebut. Berikut ini ada beberapa komponen-komponen RPP yang berdasarkn Permendiknas No. 41 Tahun 2007

1. Identitas mata pembelajaran 

  • Satuan pendidikan
  • Kelas,
  • Semester,
  • Program studi
  • Mata pelajaran atau tema pelajaran,
  • Jumlah pertemuan.

2. Standar kompetensi 

Adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang meggambarkan pengusaha pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diharapkan tercapai pada setip kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.

3. Kompetensi dasar

Merupakan sejumlah kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam meta pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan kompetensi dalam suatu pelajaran.

4. Indikator pencapaian kompetensi 

Adalah prilaku yang dapat diukur atau observasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu dirumuskan dengan menggunakan mata pelajaran. indicator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasioanl yang dapat diamati dengan diukur yang mencangkup pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

5. Tujuan pembelajaran 

Menggambarkan suatu proses dan hasil yang diharapkan atau yang dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

6. Materi Pembelajaran 

Memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan, dan ditulias dalam bentuk butiran-butiran sesuai dengan rumusan indicator kopetensi.

7. Alokasi waktu

Ditetukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian dalam KD dan beban balajar.

8. Metode pembelajaran

Digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indicator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indicator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.

9. Kegiatan pembelajaran

https://maryammuraith.com/wp-content/uploads/2019/09/cara-membuat-rpp1.jpg

cara membuat rpp

1.Pendahuluan

Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

2. Inti

Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

3. Penutup

Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

10. Penilaian hasil belajar

Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu pada Standar Penilaian.

 

11. Sumber belajar

Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

 

B. Langkah-Langkah Penyusunan RPP

Untuk langkah-langkah peyusunan RPP atau cara membuat RPP ini perlu kita perhatikan Permendikbud RI Nomor 81A Tahun 2013 tentang pedoman umum pembelajaran meliputi
a. mengkaji silabus
b. mengidentifikasi materi pembelajaran
c. menetuka tujuan
d. menggembangkan kegiatan pembelajaran
e. penjabaran jenis penilaian
f. menentukan alokasi waktu
g. menentukan sumber belajar.

Langkah-langkah minimal tesebut dari penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebagai berikut.

1. Mecantumkan Identitas
Yang terdiri dari ; Nama Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas, Semester, Standar Kompetensi, Kompetensi dasar, Indikator dan Alokasi waktu. Alokasi waktu yang ditentukan sesuai dengan keperluan untuk mencapai KD dan bebean belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pengajar yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Identitas Sekolah : SDIT Maryam Muraith
Tema/Sub Tema   : 7. Sosial dan Budaya/1. Sosial dalam                                                     bermasyarakat
Kelas/Semester     : lll/2
Alokasi Waktu       : 6 x 35 menit

2. Mencantumkan Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat dinikmati dan diukur, sikap, pengetahuan,dan keterampilan.

Tujuan Pembelajaran

  1. Dengan melakukan percobaan sosial kepada masyarakat, siswa dapat menulis data dengan benar.
  2. Dengan menggunakan data yang telah dikumpulkan, siswa dapat membuat laporan hasil percobaan dengan benar.
  3. Dengan kegiatan membuat laporan tentang percobaan sosial kepada masyarakat, siswa dapat menjelaskan kembali proses bersosialisasi kepada masyarakat dengan benar.
  4. Dengan kegiatan mempraktikan siswa dapat praktik langsung dengan masyarakat terkait isi teks inforatif tantang sosisal.
  5. Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi tentang sosial dan budaya supaay dapat bermanfaat untuk kita semua.
  6. Dengan mengamati, siswa dapat merancang sebuah rencana dengan baik dan benar.

3. Mencantumkan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi

Kompetensi Dasar (KD) dan indikator pada setiap muatan pembelajaran seperti bahasa Indonesia, Penjas, Matematika dan SBdP yang sudah ada pada buku guru, jadi dikutip saja.

Kompetensi Dasar dan Indikator
Penjas
Kompetensi Dasar
1.1   Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.2.  Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.3  Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri

 

4. Mencantumkan Materi Pembelajaran.

  • materi pembelajaran
  • memuat fakta
  • prinsip
  • konsep
  • prosedur yang relevan

Tulisan bentuk butir-butir yang sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi. Kalian cukup meringkas materi yang telah ada pada buku siswa.

5. Menentukan Metode Pembelajaran
Metode ini dapat diartikan sebagai model atau pendekatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), tergantung pada karakteristik pendekatan yang telah dipilih. Karena itu pada bagian ini dicantumkan pembelajaran dan metode yang diintegrasikan dalam satu kegiatan pembelajaran peserta didik:

  1. Pedekatan pembelajaran yang digunakan, seperti pendekatan proses kontekstual, pemecahan masalah, pembelajaran langsung, saittifik dan sebagainya.
  2. metode-metode yang digunakan, seperti; ceramah, discovery, inkuiri, observasi, diskusi, e-learning dan sebagainya.

6. Memilih Sumber Belajar
Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang telah ada dalam silabus yang dikembangkan. Sumber bekajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, nara sumber, alat dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasioal, dan bisa langsung dinyatakan bahan ajar apa yang ingin digunakan.

7. Menentukan Media Pembelajaran
Media untuk pembelajaran adalah media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

8. Menentukan Penilaian
Penilaian ini akan dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrument, dan instrument yang dipakai.

 

C. Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP

Secara umum prinsip pengembangan RPP (Permendiknas Nomor 41 Tahun 2017) harus berpedoman pada prinsip pengembangan RPP, yaitu sebagai berikut;

1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
RPP ini disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelain, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, latar belakang budaya, nirma, nilai, dan/atau lingkungan pada peserta didik.

2. Mendorong peserta didik untuk partisipasi aktif
Proses pembelajaran harus dirancang dengan berbagai pusat pada peserta didik supaya untuk mendorong motivasi pelajar, minat siswa, kreativitas murid, inisiatif, kemandirian, dan semangat belajar.

3. Mengembangkan budaya menulis dan membaca.
Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.

4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
RPP memuat berbagai rancangan untuk program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengaayaan dan yang remedial.

5. Keterkaitan dan keterpaduan
RPP ini yang akan disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.

6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
RPP akan disusun dengan mempertimbangkan penerapan sebagai teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Baca juga;

Cara membuat silabus dan contohnya dengan lengkap

Contoh Surat Mandat Resmi Terbaru

 

D. Contoh Cara Membuat RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Nama Sekolah:   SDIT Maryam Muraith
Mata Pelajaran:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester:  1 ( satu )/ I (Satu )  
Pertemuan ke:   I ( Satu )
Alokasi Waktu:   2  x 30 Menit
Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 1.1   Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
A.    Tujuan Pembelajaran**:

·         Siswa dapat melakukan gerak dasar lokomotor  dengan disiplin ( Discipline )       ( ( NK. Disiplin ( Discipline )

Karakter siswa yang diharapkan :

Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence ),Tanggung jawab ( responsibility ), Ketelitian ( carefulness), Kerja sama ( Cooperation ), Toleransi ( Tolerance ), Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery )

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):

·          Gerak dasar lokomotor

Gerak dasar dalam berpindah tempat contoh, jalan, lari, dan lompat

B.                 Metode Pembelajaran:

·               Ceramah

·               Demonstrasi

·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
A.        Kegiatan Awal:

Apresepsi/ Motivasi

F Siswa dibariskan menjadi empat barisan

F Mengecek kehadiran siswa

F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap

F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti

F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

  1. Kegiatan Inti:

F Berjalan ke depan, belakang, samping langkah panjang dan langkah pendek

F Berjalan dengan ujung kaki dan tumit

F Berlari ke depan, ke belakang, dan ke samping dengan percaya diri( confidence )

F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan. (Eksplorasi)

F Melakukan gerakan berlari dengan langkah panjang dan pendek dengan Keberanian ( Bravery )

F Melakukan gerakan melompat ke depan, ke belakang dan ke samping

F Melakukan gerakan melompat  dengan satu kaki atau dua kaki Elaborasi

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan Konfirmasi

 

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan

Dalam kegiatan Akhir, guru:

F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan

F Memperbai1i tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V.                Alat dan Sumber Belajar:

·         Buku Penjaskes kls. 1

·         Diktat permainan bola kecil

·         Pluit

VI.             Penilaian:

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik PenilaianBentuk InstrumenInstrumen/ Soal
·           Melakukan gerakan berjalan dengan berbagai arah dan langkah dengan Keberanian ( Bravery )

·           Berjalan dengan kaki bagian depan dan belakang

·         Melakukan gerakan berlari keberbagai arah

·         Melakukan gerakan lari bervariasi dengan percaya diri ( confidence )

·           Melakukan gerakan melompat ke berbagai arah

·           Melakukan variasi gerakan melompat

Test (Individu)

 

Test

ketrampilan

 

 

 

·           Praktekkan gerakan berjalan dengan berbagai arah dan langkah

·           Bagaimana cara berjalan dengan kaki bagian depan dan belakang

·         Praktekkan gerakan berlari keberbagai arah

·           Praktekkan gerakan lari bervariasi

·           Praktekkan gerakan melompat ke berbagai arah

·           Praktekkan variasi gerakan melompat

 

 

 

 

 

 

  CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                                                                       

          Mengetahui                                                                  Martapura,        

Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel PJOK.

 

 

          Bambang Irawan.AF. S.Sos.I                                    Reno Pujianto, S.Pd.

NIY 201301009